CALIFORNIA - Iklan Facebook, yang dikenal sebagai 'sponsored stories' sudah mulai muncul di news feed pengguna, sehingga layanan ini bisa menjadi aktivitas komersial.
Dikutip dari Telegraph, Jumat (13/1/2012), pengguna kini dapat melihat iklan, yang muncul dalam bentuk 'stories' atau postingan tentang suatu produk di dalam news feed. Pemasar iklan hanya bisa membuat iklannya muncul di news feed, jika pengguna telah mengklik 'like' di halamannya.
Sebelumnya, 'sponsored stories' Facebook ini telah membuat kesal sebagian pengguna. Akibatnya, Facebook kini sedang menghadapi gugatan hukum oleh sekelompok pengguna yang tidak suka profil mereka digunakan dalam iklan.
Sebagai tindak lanjut dari kasus ini, pengadilan federal di Sans Fransico telah mengizinkan sekelompok pengguna Facebook tersebut, untuk melanjutkan gugatan. Mereka menuduh jejaring sosial tersebut memanfaatkan preferensi mereka di situs, untuk keuntungan komersial dan tanpa izin.
Sementara itu, Facebook memperkenalkan penyisipan iklan di news feed secara bertahap juga merupakan upaya untuk menghindari reaksi pengguna. Reaksi pengguna ini biasanya muncul ketika jejaring sosial tersebut memperkenalkan fitur baru, yang melibatkan situs komersial.
Seorang juru bicara Facebook mengatakan, "Kami telah memulai secara perlahan menghadirkannya (sponsored stories) di News Feed. Sponsored stories ini menghormati pengaturan privasi pengguna dan orang-orang hanya akan melihatnya ketika sudah terhubung ke halaman."
(tyo)
sumber okezone techno